Finally!

Wednesday, July 30, 2014
Miaw! 😻

Banyak kejadian atau bisa dibilang kenyataan yang ga diduga terjadi dalam hidup aku. Dari masalah jati diri aku yang ingin melanjutkan ke PTN idaman tapi pada akhirnya aku malah masuk kejurang yang sebenarnya ga aku inginkan. But, yang namanya masuk kejurang pasti ga akan selamanya ada di jurang tersebut, kan? Maka dari itu aku mesti ngeluarin tenaga, sebisa mungkin, menanjak perlahan tapi pasti untuk bisa berada dipuncak demi terwujudnya rasa kebahagiaan *ceilah

Yap! Udah dari awal aku pengen banget bisa kuliah di UGM. Just, UGM! Ga ada lagi Universitas lain yang aku pikirin selain UGM. Payah banget emang! Ada yang nasihatin "kalau buat SNMPTN mah jangan pilih UGM, ada kemungkinan kamu ga bakal diterima, lebih baik kamu pilih Univ yang seenggaknya tidak terlalu berat buat kamu", dan aku ga nurut. Tetep keukeuh pilih UGM. Akibatnya? semua jalur dari SNMPTN, SBMPTN, UM UGM semuanya menolak kehadiran aku untuk menjadi mahasiswi UGM. Malu? Iya, malu sama diri sendiri. Terlalu berharap "pasti diterima" namun ternyata? Gagal :'). Sedih? Bukan sedih, tapi nyesek. Yang jelas setelah 3 kali harus menelan kepahitan, aku curhat dengan seseorang yang sedang menimba ilmunya di UIN SUKA. Dia kasih masukan untuk terus coba daftar di Universitas yang masih membuka pendataran. Univ yang pertama kali muncul di benak aku adalah UMY. Terus UIN Sunan Kalijaga. Kemudian STMIK AMIKOM.

1. UMY.
Aku suka deh sama arsitektur gedung UMY yang kalau dilihat dari atas tampak seperti bintang. Aku mendaftar diri lewat jalur CBT (One Day Service). Pilihan pertama Perbankan Syariah dan Kedua Konseling Islam. Setelah melalui prosedur pendaftaran yang agak panjang, akhirnya aku memulai Testnya di lab CBT. Soal demi soal aku kerjakan dengan teliti. Soal TPA aku isi semua. Hanya saja, Soal MTK sedikit sekali aku kerjakan. Cuma 2 dari 40 soal -_- *teeeng! Waktu habis, dan aku dipersilahkan menunggu diluar. Dan beberapa menit kemudian, nama aku dipanggil beserta 4 peserta lainnya. Dan tahukah kalian? Peserta demi peserta disebutkan bahwa maaf anda belum diterima silahkan mencoba lagi. Dan ga disangka sisa aku sendiran dan diucapkan "selamat anda lolos tapi dipilihan ke dua" . Kaget? Haha iyalah. Tapi ada kecewa dikiiiit ya. Karna ga diterima di pilihan pertama. Konseling islam? Apa itu? Karna bingung dengan jurusan itu, aku langsung sms Mba Winda (kakak ku) dan mbak aku menyarankan untuk daftar lagi di Universitas lain dengan jurusan yang mempunyai prospek kedepan yang bagus. Jadi, dengan berat hati "kesempatan emas" ini ga aku ambil. :)

2. UIN SUKA.
Sebelum aku mendaftar di UMY, aku tes dulu di UIN SUKA dengan jalur reguler. Dengan pilihan pertama SKI (sejarah kebudayaan islam), kedua Manajemen dakwah, ketiga Kimia. Dan tahukah kalian? ini pilihan terbodoh aku. Karna aku itu suka pelajaran kimia, tapi malah ditempatkan di pilihan ketiga. Itu bodoh! Terus? kenapa malah SKI yang dipilihan pertama? Karna pas itu tiba-tiba aja aku jadi ingat guru SKIku semasa SMA, gurunya ceritaaaa terus dan ya, aku suka aja. Gara-gara itu aku pilih SKI di pilihan pertama. Trus? kenapa ada Manajemen dakwah di pilihan kedua? Iya, aku juga ga ngerti kenapa tiba-tiba pilih jurusan itu. Harusnya di pilihan kedua itu Perbankan Syariah sampe dimarahin gara-gara milihnya ngasal -_-. Dan aku mengikuti tes tulis selama dua hari. Aku kerjakan semampu dan seteliti mungkin (karna aku dendam sama SBMPTN dan UM UGM). Setelah selesai tes tulis tinggal tunggu pengumuman. Tanggal 25 Juli akhirnya tiba. Sebelumnya aku berdoa dulu semoga diterima di Pilihan ketiga. Waktu itu aku bener-bener berharap, tapiiii???? Alhamdulillah diTerima, seneng juga karna ini satu-satunya PTN yang nerima aku (walaupun buka PTN yang diharapkan), daann??? aku diTerima di pilihan pertama, SKI. 

SNMPTN


Mungkin buat orang kebanyakan bakal seneng banget, tapi ga dengan aku. Aku kecewa. Sama siapa? sama diri sendiri -_- . Bodoh! Payah! Jadi lagi-lagi, "kesempatan emas" ini ga aku ambil. btw, kesayanganku seneng banget denger berita kalau aku diterima di UIN SUKA :)

3. STMIK AMIKOM.
Jadi sambil menunggu pengumuman UIN, aku segera bergerak untuk mendaftar di STMIK AMIKOM. Ga ngerti banyak sama kampus ini. Kenapa aku pilih kampus ini karna waktu itu aku browsing di google "universitas swasta terbaik di Indonesia" dan STMIK AMIKOM berada di urutan 10. Ya gatau juga sih itu urutan masih berlaku atau udah berubah. Yang jelas karna alasan klise itu aku pun langsung mendaftar. Sebelumnya aku rundingan dulu sama Mbak Winda, eeh dia malah lebih setuju dan bener-bener mendukung aku untuk kuliah disana. Jadi aku mendaftar di gelombang 3 (biayanya mahaaaal banget bro -_-) dengan pilihan pertama jurusan Teknik Informatika dan pilihan kedua Sistem Informasi. Btw, mbakku dulu juga kuliah di jurusan Teknik Informatika di Universitas Pasundan Bandung. That's why my sister really want me to study in there! Aku melakukan tes tulis di Lab komputer (jadi sistemnya kalau NEMnya >7,5 bebas tes tulis tapi wawancara, sedangkan aku NEMnya <7,5) kenyaaaang deh tes tulis mulu :''''). Seperti biasa aku isiiiiii semua soalnya (mumpung ga ada pengurangan score). Setelah Tes Tulis juga sambil menunggu pengumuman, aku beserta peserta lain diajak keliling kampus. Fasilitas Amikom yang masih aku ingat itu ada Lab Komputer yang MasyaAllah dingin banget, trus ada LabMac, Bioskop, dan masih banyak lagi yang membuat aku jadi tergerak pengen kuliah disini. Ini hasil Norak aku ketika berada di LabMac hehe

SNMPTN

Setelah keliling kampus, pengumuman tiba. Nama demi nama disebut, dan ga lama kemudian nama aku di panggil, ehhh kaget loh! Ga nyangka. Padahal waktu itu aku ga bener-bener berharap untuk diterima. Lolos di Teknik Informatika S1. Setelah pengumuman itu, aku langsung kabarin mba Winda, dan yaaa.. dia setuju banget. Jadi, fix! Aku bakal jadi Mahasiswi AMIKOM. 

Dan yang aku maksud Jurang itu ya STMIK AMIKOM inilah. Aku ga ngerti Teknik Informatika itu seperti apa, Kampusnya juga bukan bener-bener yang aku inginkan. Tapi.. mau gimana lagi? udah masuk jurang yaaa harus sebisa mungkin buat berusaha "keluar" dari jurang tersebut kan? Lagipula apa salahnya kan belajar sesuatu yang baru, apalagi ilmu IT itu semakin melekat di kehidupan kita, jadi yaa insyaAllah jurusan ini cocok dengan aku :)

Oiya, Univ yang aku pilih kebetulan di Yogyakarta semua, karna satu-satunya tempat yang ada dipikiran aku setelah UGM, adalah Yogyakarta. Aku ga tau pasti akan seperti apa nanti aku disana. Hidup sendiri, ga ada saudara. Tapi hidup tanpa tantangan berasa Sop daging tanpa garam. Hambar.

 Jadi , Yang mau aku tekankan disini (berdasarkan pengalaman aku) adalah..

1. Cobalah dengarkan orang-orang sekitarmu ketika mereka menasihati kamu tentang masa depan. Jangan sampe karna kamu hanya suka dengan pilihan kamu, maka kamu masa-bodoan sama orang-orang. Jangan sampe hati kamu jadi buta. Karna nasihat orang-orang itu (yang sudah berpengalaman) lebih berguna jika kamu dengar dan dituruti.

2. Pilihlah jurusan yang bener-bener kamu minati. Jangan sampe karna akreditasinya A atau Kampusnya bergengsi jadi kamu asal pilih. Harus tau jurusan itu sendiri, prospek kedepannya seperti apa. Menurut aku buat mikir tentang itu penting banget loo! Apalagi untuk orang seperti aku yang ga bakal tau kalau ga cari tau sendiri. Kalau bisa sih tau materinya seperti apa. Aktif lah sebelum memilih jurusan. Kalo bisa sih cari juga materinya, misal kaya aku yang dijurusan TI, berarti cari materi kaya pemrograman, multimedia, dll. Yaa gausah dipelajari, diliat-liat aja, maksudnya buat sekedar ada gambaran gitu loo..

3. Jangan terlalu 'pe-de' sama pilihan kamu dan pasti diterima. Modalnya sih cuma usaha segiaaaaaaaat mungkin buat tes tulis PTN. Nah kalo aku? Haha aku ini termasuk orang yang kalau udah ngeliat soal susah, yaudah dibiarin aja. Jadi aku ngerjain yang gampang-gampang aja. Hasilnya? You know lah :'D

Ada yang bilang bahwasanya "motivasi itu tidaklah hanya dalam bentuk sebuah keberhasilan, tapi lihat juga dari sebuah kegagalan seseorang, supaya ada rasa tergerak hatinya untuk tidak menjadi salah satu orang yang 'ikut-ikutan gagal" so, choice your Passion and get your future!

If you sure you can do what you want then you really must change your attitude so you will be the Winner, InsyaAllah!

Satu kata, SEMANGAT!

Miaw! 😻

No comments:

Powered by Blogger.