Candi Ratu Boko

March 05, 2015
Candi Ratu Boko

Miaw! 😻

Bagi kalian yang sedang kuliah di Yogyakarta rasanya kurang afdol kalau waktu luang kalian nggak digunain buat jalan-jalan bersama teman. Apalagi di Jogja itu terkenal dengan candi-candinya, yang paling terkenal dan juga kalian sudah tau yaitu candi Borobudur dan candi Prambanan. Tapi tau nggak sih kalau ternyata selain candi-candi tersebut juga ada candi yang nggak kalah cantik dan photogenik buat kalian yang sukanya foto. Candi itu adalah Candi Ratu Boko. Walaupun tidak terkenal seperti Candi Prambanan dan Borobudur, ternyata Candi Ratu Boko menyimpan keunikan dan kemegahan tersendiri dari Candi yang dibangun sekitar abad ke-8 tersebut. Bangunan dengan kelengkapan yang hampir sempurna mirip dengan istana-istana di negara lain. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Jawa jaman dulu, sudah berkembang mengenai arsitektur dan sosiologi kemasyarakatan. Candi ini beralamat di jalan Raya Jogja-Solo, Prambanan, Yogyakarta. 

Candi Ratu Boko

Candi ini pun ternyata dekat dengan candi prambanan. Jadi kalau kalian mau sekalian mampir kesana juga itu ide yang bagus. Tapi ternyata untuk masuk ke candi ratuboko kita harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Sempat kaget karena dibayanganku harganya murah, harga 25.000 merupakan harga yang tidak sedikit bagi kami yang masih berstatus mahasiswa :D.

Oh iya saranku, kalau mau pergi ke Candi ini mending pagi atau sore. Jangan siang karena itu panaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaas banget. Nggak ada tempat teduhnya. Ya ada sih sebenernya, tapi tampat teduhnya agak jauh dari Candi, kan kita pengen ke Candinya bukan mau duduk-duduk doang toh. Udah gitu dari tempat loket sampai ke Candinya kita harus jalan cukup jauh dan juga harus naik tangga. Karena waktu itu kita sampainya jam 10 pagi, dan cuaca sudah cukup terik jadi agak terganggu dengan kondisi seperti itu. Kalau nggak panas, mau sejauh apapun itu kayanya nggak akan jadi masalah. Saran ini juga berlaku kalau kalian mau pergi ke tempat yang terbuka, ya.

Ada fakta menarik nih, karena di Candi ini pernah jadi tempat syutingnya AADC 2. Ada yang sadar nggak? :D

Tapi yang namanya remaja ababil pasti kita bakal sempetin foto-foto sepanas apapun cuaca dikala itu hahaha. Dan ini hasil foto kebersamaan kami :)

 



Asikin aja lagi :D


Kita juga gamau kalah sama Harry Potter, wuuuush!

Sudah capek? yok, pulang :D

Oke, segini dulu aja. Next post: Candi Sambisari.

Miaw! 😻

Referensi :
  • http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/candi/ratu-boko/
  • https://coretanpetualang.wordpress.com/petualangan-candi/jelajah-candi/candi-ratu-boko-istana-megah-di-atas-bukit/


3 comments:

Powered by Blogger.