Candi Sambisari

August 22, 2018
Miaw! 😻

Di Yogyakarta memang terkenal akan candinya yang banyak. Namun, mungkin sebagian orang hanya tau Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Padahal, ada banyaaaak sekali candi yang tidak kalah bagus dan pastinya murah. Waaah, ini sih cocok banget untuk kita yang uangnya pas-pasnya tapi pengen banget jalan-jalan.

Yap, Candi Sambisari. Candi sambisari merupakan candi yang dibangun pada abad ke 9, dan terletak di desa Purwomartani, Kalasan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Sudah berabad-abad, kawasan utara Yogyakarta menjadi pusat peradaban Mataram kuno. Di tempat ini candi-candi yang dibangun sebagai tempat pemujaan maupun simbol prestise berdiri dengan gagah, berderet-deret dari kaki Merapi hingga pegunungan Batur Agung. Hingga akhirnya tiba suatu masa dimana Gunung Merapi erupsi dahsyat dan memuntahkan material vulkanik ke segala penjuru, memporak-porandakkan kehidupan masyarakat serta mengubur candi-candi tersebut. Salah satu candi yang terkubur amat dalam. 

Asal mula ditemukannya Candi ini menurut saya cukup unik ya. Karena saat candi-candi lain mulai ditemukan, Candi Sambisari masih asyik tertidur di dalam tanah, tak ada yang mengetahui keberadaannya. Hingga akhirnya pada suatu pagi, ada seorang petani bernama Karyowinangun yang menemukan salah satu bagian candi tersebut. Saat itu, Karyowinangun tengah mencangkul sawahnya, namun mata cangkulnya membentur bongkahan batu dengan pahatan di permukaannya. Setelah diteliti oleh Dinas Kepurbakalaan, akhirnya diketahui bahwa batu tersebut merupakan komponen candi dan dilakukan eskavasi alias penggalian lanjutan.

Lokasi
Lokasi di Candi Sambisari cukup nyaman dan bersih. Ada pendopo untuk duduk-duduk, lalu dihiasi rumput-rumput hijau dan bunga-bunga untuk pemanis di Candi ini. Uniknya Candi ini terletak kira-kira 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah. Jadi kita harus turun agar bisa melihat Candi ini lebih dekat. Tidak terlalu banyak banyak properti Candi yang ada disini. Namun, sudah bisa puas untuk bisa hanya sekedar foto-foto, karena spot-spotnya yang tidak kalah bagus dari Candi lainnya. Suasananya yang tenang dan tidak begitu banyak pengunjung. Mungkin karena memang belum banyak yang belum tau Candi ini, ya.

Candi Sambisari

Harga
Ajaibnya, untuk bisa menikmati candi ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Namun, waktu itu saya dan teman-teman kesana pada tahun 2015. Kedua kalinya ke Candi ini lagi pada tahun 2017 dan juga tidak bayar. Jadi cuma isi data nama saja di buku tamu. Bisa disimpulkan kalau ke Candi ini memang gratis, tis, tis. Tapi, saya belum tahu, apakah di tahun sekarang, sudah berbayar atau masih gratis.

Ini keseruan kita saat main-main di Candi Sambisari :D



 

So, sudah ada yang pernah ke Candi Sambisari juga? Komentar dibawah ya!

Cukup segini dulu, see you on the next post, bye!

Miaw! 😻

2 comments:

Powered by Blogger.