Teman Kamu Lulus Duluan? Jangan Minder!

Thursday, August 23, 2018

Miaw! 😻

Udah bukan rahasia umum euforia di semester akhir menandakan kamu harus menghilangkan ego untuk santai. Kamu sudah harus dituntut - mau tidak mau harus mau - untuk segera menyelesaikan tugas akhir kuliah supaya segera lulus. Pilihannya ada dua : keluar secara terhormat atau menjadi mahasiswa kekal abadi sepanjang jaman. Lol.

Dengan modal ilmu yang sudah dipelajari dari semester 1 hingga 6, hingga tibalah kamu untuk membuat skripsi sebagai syarat kelulusan. Dan disaat itu pula, kamu sudah harus bisa menentukan topik skripsi apa yang akan kamu buat. Nah, biasanya hal yang simple itu saja bikin pikiran kita jadi tambah mumet bin stres, belum lagi memikirkan harus mencari data, revisi, bergulat dengan dosen pembimbing, apalagi liat teman kamu sudah lulus dan wisuda lebih dulu, sampai akhirnya Korea Utara dan Korea Selatan berdamai, kamu juga belum mulai skripsi. Really?


Jangan sedih, jangan gundah, karena setiap masalah, sepele apapun, selalu ada solusinya. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

Teman lulus duluan? Jadikan itu sebagai bensin kamu.
Antara senang sekaligus sedih karena kamu belum juga selesai skripsinya,"Kok dia udah selesai aja sih, boro-boro BAB 1, judul skripsi aja ditolak terus". Pikiran yang kayak gini nih yang akhirnya jadi down dan malah nyerah. 

Justru harusnya dengan melihat teman kamu lulus duluan dapat dijadikan cambuk untuk kamu supaya lebih semangat untuk mengerjakan skripsinya.

Kurangi main yang un-faedah
Sebenarnya boleh-boleh saja kalau keluar untuk mencari inspirasi atau sekedar refreshing. Kalau keseringan sih itu namanya emang alasan kamu aja untuk senang-senang sama teman-teman sepermainan. Tapi, dalam konteks ini, kamu emang harus mengurangi itu seminimal mungkin. Kamu pasti punya target maka harusnya sudah seharusnya kejar terget itu. 

Berkumpul dengan teman-teman yang memiliki satu tujuan
Siapapun kita pasti akan berpengaruh dari orang-orang yang ada disekeliling kita. Kalau kamu memang bertekad, berkumpullah dengan teman-teman yang sama-sama ingin segera lulus. Pasti akan sangat membantu karena sudah pasti akan mendorong kamu untuk lebih semangat dan nggak gampang nyerah. Apalagi lebih mudah kan untuk berdiskusi kalau ada kesulitan dengan skripsinya.


Ingat tujuan kenapa kamu harus kuliah
Pastinya setiap mahasiswa semester akhir sudah pernah merasakan semangat yang berkobar-kobar saat pertama kali masuk kuliah. Saat awal semester pasti kamu punya keinginan agar lulus tepat waktu, IPK cumlaude, dll. Ingat masa-masa ketika kamu pernah menjadi Asisten Dosen, aktif bergabung disebuah organisasi, ikut seminar setiap waktu luang perkuliahan, dan beberapa kegiatan lainnya yang menggelora di dada. Ceilaah!

Kenangan itulah yang harusnya bisa kamu jadikan sebagai motivasi untuk terus bergerak ke depannya. Bahwa selama di perkulihan telah banyak hasil yang didapatkan. Kamu ternyata pernah "berapi-api" saat menjalani perkuliahan dan kenangan itu yang tidak bisa banget kamu tukar dengan kemalasan. 

Ingat keluarga
Keluarga adalah alasan kenapa kamu ingin pulang. Orang tua kamu yang sudah banting tulang susah payah mencari uang untuk membiayai kamu kuliah, seharusnya dengan ingat betapa susahnya mencari uang pasti kamu akan berusaha semaksimal mungkin supaya uang yang dikeluarkan tidak sia-sia, kan? Pasti akan sangat membahagiakan ketika melihat anaknya sudah mendapatkan gelar sarjana. Karena kebahagiaan tidak akan pernah bisa dibeli oleh uang, kamu pasti tau itu. Tapi dengan prestasi sudah jelas membuat kebahagian untuk semua orang. 


So, that's all. Tetap semangat buat kamu yang sudah mau selesai skripsinya, yang sedang mengerjakan dan bahkan belum sama sekali memulai skripsi. Ingat, kita semua punya tujuan. Tanamkan benar-benar tujuan itu ke diri kamu. Karena hidup kita nggak akan cuma sebatas di perkuliahan saja. Ingat, hidup akan membawa kamu kemana setelah kuliah? Hanya kamu yang bisa memutuskan. 

Good luck and see you on the next post. Bye-bye!

Miaw! 😻

2 comments:

Powered by Blogger.