5 Cara Agar Tidur Tepat Waktu

Monday, September 03, 2018
Cara Agar Tidur Tepat Waktu

Miaw! 😻

Belakangan ini entah udah dari kapan, saya susah banget tidur tepat waktu. Sebenarnya emang udah dari dulu tidurnya sampai bahkan lewat jam 12 malam itu pun jarang. Namun sekarang saya ngerasa insomnia ini udah kelewatan banget. Padahal saya tau, mata udah terasa berat dan sakit karena melek terus, tapi dibawa tidur tuh susah banget. 


Saya coba paksa untuk pejamin mata, anehnya pikiran saya masih kemana-mana. Di pikiran saya tuh biasanya tentang kejadian-kejadian pada hari itu. Terkadang malah pas nyari inspirasi kok nggak nemu-nemu stuck disitu aja, eh pas udah merem sambil mikir-mikir trus ketemu deh sang inspirasi, akhirnya bangun lagi trus buka hp buat browsing. Pernah saat itu habis main game misal game Hago warewolf nah udah deh tuh mikir-mikirin siapa warewolfnya seakan-akan lagi lari takut kebunuh padahal kan lagi nggak main juga. Karena tidurnya aja nggak tenang, pikiran masih belum damai, akhirnya malah bangun lagi dengan mata yang udah kerasa pegeeeeel banget. 


Kebiasaan tidur larut malam atau begadang emang bener-bener nggak baik untuk kesehatan karena banyak sekali negatifnya. Jujur saja saya panik, yakali saya bakal ngalamin insomnia terus-terusan sampai tua. Kan nggak baik juga. Akhirnya saya konsultasi ke Bapak Negara alias Maybe You Know. Dengan berkonsultasi dengannya, saya coba satu persatu. Ada yang nggak berefek apa-apa tapi ada juga yang ampuh. Bahkan sampai saya tulis artikel ini, pola tidur saya sudah berangsur berubah berkat itu. Mungkin ada sebagian dari kalian yang mengalami hal yang sama, jadi saya akan share tips agar bisa tidur tepat waktu agar kita semua mendapatkan tidur yang berkualitas dan saat bangun jadi nggak lesu.

1. Tentukan Dulu Waktu Tidur Kamu
Kamu tentukan dulu jam berapa kamu harus tidur dalam setiap hari. Waktu tidur paling baik adalah 7-8 jam. Untuk kamu yang kegiatannya lumayan banyak, cobalah untuk tidur jam 10 malam paling lambat jam 11 malam, lebih dari itu HARAM hukumnya. Pada waktu itu, kamu sudah harus dalam keadaan berbaring dikasur. 

2. Matikan Gadget
Nah ini nih yang paling sulit di lepas bahkan saat mau tidur pun gadget masih dipegang. Penggunaan gadget dengan kondisi lampu dimatikan sangat tidak baik bagi kesehatan mata dan fisik kamu. Para ahli pun menjelaskan, penggunaan gadget dengan layar LED yang mengeluarkan cahaya biru dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hormon melatonin ini dibutuhkan untuk membuat kamu mengantuk. Dengan terganggunya produksi hormon tersebut, maka lama-kelamaan jam tidur kamu akan rusak. Selain itu juga, kasian mata kamu seharian natap layar terus. At least, kasih kesempatan mata untuk istirahat, lah. Maka dari itu, coba biasakan untuk jauhkan hp dari tempat kamu tidur, supaya nggak ada alasan lagi untuk megang-megang hp.

3. Matikan Lampu
Cara ini emang ampuuuuuuuh bin mujarab banget. Bahkan kalau bisa jangan sampe ada sedikit cahaya apapun itu di kamar, biarin aja gelap gulita, biar tidurnya makin asyeek, tapi itu buat kamu yang nggak parnoan aja ya hehe. Ini juga menjadi faktor agar kamu dapat tidur tepat waktu setiap hari. Dengan mematikan lampu kamar sebelum tidur, maka akan membuat suasana lebih tenang dan nyaman. Pandangan mata juga nggak akan kemana-mana. Karena kalau kamu tidur dengan membiarkan lampu menyala, sudah pasti nggak akan baik untuk kesehatan kamu dalam jangka panjang. Para peneliti menyebutkan, dampak tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, kardiovaskular, gangguan sistem metabolisme, dan diabetes. Serem banget, kan?

4. Jangan Minum
Dengan kamu minum sebelum tidur, sudah pasti akan bolak-balik kamar mandi, dan sudah jelas tidur kamu akan terganggu. Sebaiknya sih sebelum tidur itu kamu sudah harus ke kamar mandi dulu untuk buangin sisa-sisa sejarah yang kamu punya.

5. Olahraga
Mengingat banyak sekali manfaat olahraga, yaitu menyehatkan tubuh dan pikiran kamu, pastinya mendorong kamu menjalani pola hidup yang lebih sehat, dan akan membantu supaya kamu bisa tidur cepat dan lebih nyenyak di malam hari. Ini juga yang saya terapkan setiap pagi workout 30 menit, malam workout ringan sebelum tidur. Banyak sekali manfaat berolahraga, yaitu menyehatkan tubuh dan pikiran, mendorong Kamu menjalani pola hidup yang lebih sehat, dan yang terutama membantu supaya bisa tidur dengan cepat dan lebih nyenyak di malam hari.

Semoga dengan tips-tips ini, tidur kamu bisa jadi lebih baik yaaa.

Sleep better, eat better and live better. Yeay! *prok prok


Healthier and happier life is the key of success, ya kaaann?

I wish you'll have a better sleep and keep healthy. See you on the next post, bye-bye!

Miaw! 😻

No comments:

Powered by Blogger.